Capaian Pembelajaran

CAPAIAN PEMBELAJARANDESKRIPSI CAPAIAN PEMBELAJARAN
KOMPETENSI (KKNI)1. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah terkait obat menggunakan pendekatan berbasis bukti dalam perancangan, pembuatan/penyiapan, pendistribusian, pengelolaan dan/atau pelayanan sediaan farmasi untuk mengoptimalkan keberhasilan terapi.
2. Mampu menelusur, menganalisis secara kritis, mengorganisasikan informasi tentang sediaan farmasi dan mengkomunikasikan secara efektif pada individu dan masyarakat.
3. Mampu melakukan pekerjaan kefarmasian disupervisi oleh apoteker secara bertanggungjawab sesuai ketentuan perundang-undangan dan kode etik yang berlaku.
4. Menguasai teori, metode, aplikasi ilmu dan teknologi farmasi (farmasetika, kimia farmasi, farmakognosi, farmakologi), konsep dan aplikasi ilmu biomedik (biologi, anatomi manusia, mikrobiologi, fisiologi, patofisiologi, etik biomedik, biostatistik, biokimia), konsep farmakoterapi, pharmaceutical care, pharmacy practice, serta prinsip pharmaceutical calculation, farmakoepidemiologi, pengobatan berbasis bukti, dan farmakoekonomi.
5. Menguasai pengetahuan tentang manajemen farmasi, sosio-farmasi, hukum dan etik farmasi, teknik komunikasi, serta prinsip dasar keselamatan kerja.
6. Mampu mengelola pekerjaan kefarmasian secara mandiri disupervisi apoteker, memimpin dan mengelola pekerjaan kelompok, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.
7. Mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan masyarakat akademik.
8. Mampu menganalisis secara kritis masalah kefarmasian, menyusun informasi/ide/laporan/pemikiran, dan secara efektif mengkomunikasikannya dalam berbagai bentuk media, kepada sejawat tenaga kesehatan lain dan atau masyarakat umum.
9. Mampu mengevaluasi diri dan mengelola pembelajaran diri sendiri dalam upaya meningkatkan kemampuan pekerjaan teknis kefarmasian
SIKAP1. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;
2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
PENGUASAAN PENGETAHUAN1. Menguasai konsep teoritis ilmu dasar: matematika, kimia (Kimia organik, biokimia), biologi (biologi sel, anatomi, fisiologi, mikrobiologi, imunologi), fisika, statistik, dan desain eksperimen;
2. Menguasai konsep teoritis dan metode yang diperlukan dalam bidang formulasi dan teknologi sediaan farmasi, yaitu farmasi fisika, kimia medisinal, farmakologi, formulasi, fitokimia, dan biofarmasetika dan penjaminan mutu Sediaan Farmasi secara fisikokimia, farmakologi, mikrobiologi, farmakokinetika, dan farmakodinamika;
3. Menguasai konsep teoritis dan metode yang diperlukan dalam bidang pelayanan kefarmasian yaitu patologi, farmakologi, toksikologi, terminology medik, informasi obat, farmakoterapi, konseling, pengobatan berbasis bukti, fitoterapi, dan manajemen farmasi;
4. Menguasai regulasi terkait sediaan farmasi, suplemen dan pelayanan kefarmasian yaitu Farmakope atau kompendium lainnya (USP, BP, EP), dan Pedoman CPOB, CPKB, CPOTB atau pedoman lainnya (GMP, GDP, GLP, ICH, ASEAN guidelines).
KETERAMPILAN KHUSUS1. Mampu Menjelaskan pertimbangan pemilihan obat dengan memahami patofisiologi, penggolongan obat berdasarkan golongan farmakologi terapetik dan peraturan perundang-undangan, kesesuaian penatalaksanaan penyakit, mekanisme kerja obat, kesesuain dosis, interaksi obat, adverse drug reaction, dan compliance
2. Mampu Menganalisis kesesuaian rancangan terapi obat berdasarkan DOEN, formularium RS dan formularium nasional.
3. Mampu Mengidentifikasi masalah terkait obat dan alternatif solusinya dengan monitoring efek samping obat dan evaluasi penggunaan obat
4. Mampu melakukan skrining resep.
5. Mampu menggunakan parameter farmakokinetik dan farmakodinamik dalam seleksi obat
6. Mampu menjelaskan pilihan terapi obat dalam pelayanan swamedikasi.
7. Mampu merancang formulasi sediaan obat.
8. Mampu mempertimbangkan persyaratan pembuatan sediaan obat.
9. Mampu membuat sediaan obat sesuai prinsip penjaminan mutu.
10. Mampu mengevaluasi mutu sediaan obat.
11. Mampu mendistribusikan obat disertai penjaminan mutu sediaan.
12. Mampu mencari, mengevaluasi dan menyiapkan informasi obat.
13.  Mampu memberikan informasi tentang obat dan kontrasepsi serta pengobatan.
14.  Mampu melakukan promosi penggunaan obat yang rasional.
15.  Mampu menerapkan prinsip-prinsip komunikasi efektif.
16.  Mampu bekerja dalam tim.
17.  Mampu mengelola tugas mandiri dan/atau tugas kelompok.
18.  Mampu mengambil keputusan berdasarkan informasi dan/atau data.
19.  Mampu bertanggung-jawab atas tugas mandiri dan/atau kelompok.
20.  Mampu menjelaskan ketentuan perundang-undangan dan prinsip-prinsip etik kefarmasian.
21.  Mampu bersikap sesuai ketentuan perundang-undangan, norma, dan etik kefarmasian.
22. Mampu memahami system pelayanan kesehatan
23. Mampu menjelaskan konsep obat, tubuh manusia, dan mekanisme kerja obat.
24. Mampu menjelaskan hubungan antara struktur senyawa bahan aktif dengan aktivitasnya serta menguasai pemodelan molekul dan modifikasi struktur kimia dalam Pengembangan Obat
25. Mampu memahami konsep basic natural science dan pengembangan obat dari bahan alam serta aplikasinya
26. Mampu memahami konsep dan menguasai ketrampilan di bidang isolasi dan analisa bahan baku obat dari bahan alam
27. Mampu menjelaskan konsep perjalanan obat dalam tubuh.
28. Mampu memahami dan melakukan penetapan sifat fisika, kimia,dan fisiko-kimia, dalam analisis kimia dan instrumental untuk bahan obat, obat, makanan, kontaminan, parameter klinik berdasarkan struktur kimia
29. Mampu menerapkan ilmu dan teknologi dalam riset kefarmasian.
30. Mampu Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan diri secara berkelanjutan.
KETERAMPILAN UMUM1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7. mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;